Senin, 22 Desember 2014

KREATIFITAS BUKU

KREATIFITAS
(Mamfaat tanaman herbal)

Berkreatifitaslah dalam menggapai mimpimu


TAHUN 2104




DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................. i
KATA PENGANTAR................................................ ii
DAFTAR ISI............................................................... iii
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................... 1
BAB II PEMBAHASAN............................................
1.      Landasan Teori.............................................. 5
2.      Tanaman herbal bagi kesehatan..................... 9
3.      Kelebihan Obat Herbal dalam Penyembuhan Penyakit      12
BAB III TANAMAN HERBAL DAN MAMFAATNYA           
3.      Manfaat Dan Khasiat Daun Salam................ 17
4.      Manfaat Buah Kurma Untuk Tubuh.............. 18
5.      Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan........ 19
6.      Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan           20
7.      Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan   26
8.      Seledri (Apium Graviolens............................ 30
9.      Blustru (Luffa Aegyptica Mill)...................... 31
10.  Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)            32
11.  Mengkudu (Morinda Citrifolia)..................... 32
12.  Lidah Buaya (Aloe Vera).............................. 34
13.  Buah Makasar (Brucea Javanica)................... 34
14.  Belimbing (Averrhoa Carambola).................. 35
15.  Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)............. 36
16.  Daun Dewa (Gynura Divaricata)................... 36
17.  Jarak (Ricinus Communis)............................. 37
18.  Mamfaat Buah Tomat.................................... 38
20.  Khasiat Buah Manggis................................... 56
21.  Tanaman Adas Dan Khasiatnya.................... 63
BAB IV PENETUP....................................................
1.      Kesimpulan.................................................... 75
2.      Saran.............................................................. 76
DAFTAR PUSTAKA................................................. 78



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan buku ini yang berjudul “ Tanaman Herbal Dan Mamfaatnya untuk akademika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta  “ dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman teman-teman dalam menjaga kesehatan.
Saya juga mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menerbitkan  buku ini sehingga dapat selesai tepat pada waktunya. Mungkin buku ini masih sangat jauh dari sempurnah, oleh karena itu kritik dan saran yang  bersifat membangun sangat kami butuhkan demi kesempurnaan buku ini.
            Dengan hormat saya sampaikan kepada bapak  Bargumono. Ir, M, Si yang telah memberi pencerahan dukungan dan semangat sehingga buku ini dapat terwujud.
            Khusus kepada kedua orang tua dan saudara-saudara saya yang telah memotivasi kerja, karya dengan tulus ikhlas memanjatkan do,a semoga menjadi amal baik kepada saya maupun bagi smua orang.amiiiinnnn


BAB I
PENDAHULUAN
Tanaman Herbal adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Di dunia ada lebih 40.000 spesies tanaman, dimana sekitar 30.000 spesiesnya terdapat di Indonesia. Tercatas 9.600 spesies tanaman indonesia yang berpotensi digunakan sebagai obat.
Saat ini pengobatan herbal banyak diminati baik di negara berkembang maupun negara maju. Ada beberapa tanaman yang berfungsi sebagai anti oksidan dan bisa mencegah terjangkitnya penyakit menular, baik yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. pemanfaatan tumbuhan herbal ini diwariskan secara turun temurun hingga sekarang. dengan warisan inilah sampai saat ini tercipta berbagai resep herbal yang merupakan ciri khas pengobatan tradisional indonesia.
Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar didunia, Negara yang memiliki begitu banyak keanekaragaman baik habitat, maupun flora dan fauna yang dimilikinya. Keanekaragaman ini pula membuat Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati termasuk juga keanekaragaman tanaman obat tradisional atau lebih sering dikenal dengan tanaman herbal.
Pada masyarakat modern ini, masyarakat belum begitu tahu tentang manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari tanaman herbal untuk kesehatan, itu dikarenakan masyarakat lebih mengenal obat – obatan dari bahan kimia, baik karena anjuran dari resep dokter yang lebih sering memberikan resep untuk membeli obat – obatan kimia di apotek atau pun karena mudah didapatkan di toko atau warung terdekat, sehingga membuat masyarakat kurang mengetahui kelebihan tersendiri yang dimiliki tanaman herbal ketimbang obat - obatan kimia yang biasa mereka konsumsi, bahkan terkadang masyarakat saat membeli obat tidak begitu tahu kandungan obat yang diresepkan oleh dokter.
Obat obatan tradisional sangatlah berguna terutama bagi masyarakat kecil yang kurang mampu untuk membeli obat obatan modern. Namun banyak dari masyarakat yang meracik obat obatan tradisional tersebut hanya dari perkataan orang lain atau pengalaman sendiri. Inilah yang menyebabkan kurangnya pengaruh obat dalam menyembuhkan karena salahnya penggunaan dan dosis yang tepat.
Pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan tanaman obat tradisional masih sangat rendah. Contoh kecil akibat dari pengetahuan tentang pemanfaatan tanaman obat tradisional yang masih sangat randah adalah seringnya masyarakat salah dalam menentukan bahan baku dalam pembuatan obat tradisional dan tidak tahu bagaimana cara mengolah bahan tersebut, sehingga yang didapat bukanlah manfaat melainkan efek samping yang berlebih.
Selain itu, kurangnya pengetahuan pengguna obat obatan tradisional dalam penentuan dosis bisa menjadi hal yang berbahaya. Bukannya manfaat yang didapat, melainkan efek samping yang berlebih, seperti halnya penggunaan tanaman dringo (Acorus calamus), yang biasa digunakan untuk mengobati stres. Tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa bioaktif asaron. Senyawa ini punya struktur kimia mirip golongan amfetamin dan ekstasi.
Dalam dosis rendah, dringo memang dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan menimbulkan efek sedatif (penenang) terhadap system saraf pusat (Manikandan S, dan Devi RS., 2005), (Sukandar E Y, 2006)).Namun, jika digunakan dalam dosis tinggi malah memberikan efek sebaliknya, yakni meningkatkan aktivitas mental (psikoaktif) (Fang Y, et al., 2003)









BAB II
PEMBAHASAN

1.      Landasan Teori
Pengobatan secara tradisional tertua yang tercatat dalam sejarah yaitu pada Bangsa Yunani kuno juga banyak menyimpan catatan mengenai penggunaan tanaman obat yaitu Hyppocrates ( tahun 466 sebelum masehi ) membuat himpunan keterangan terinci mengenai ribuan tanaman obat dalam De Materia
Medica. Orang- orang Yunani kuno juga telah melakukan pengobatan herbal. Zaman Mesir kuno ( tahun 2500 sebelum masehi ) yang ditulis dalam Papyrus Ehers meyebutkan Sejumlah besar resep penggunaan produk tanaman untuk pengobatan berbagai penyakit, gejala-gejala penyakit dan diagnosanya, Pada saat itu, para pendeta Mesir kuno telah melakukan dan mempraktekkan pengobatan Herbal. Dalam kepercayaan agama Islam tentang pengobatan, telah disabdakan oleh Rasullullah SAW “Setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti Allah menurunkan (pula) obatnya.” (HR. Bukhari-Muslim).
SKN (Sistem Kesehatan Nasional) juga menyatakan bahwa pengobatan tradisional yang terbukti berhasil guna dan berdayaguna terus dilakukan pembinaan dan bimbingan serta dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat. UU kesehatan No. 23 Tahun 1992 pasal 47 menyatakan pengobatan tradisional yang mencakup cara, obat dan pengobatan atau perawatan cara lainnya dapat dipertanggung jawabkan maknanya.
Sumber pengobatan di dunia mencakup tiga sektor yang saling terkait, (Young, 1980) Sumber pengobatan di dunia mencakup tiga sektor, yaitu pengobatan rumah tangga/ pengobatan sendiri menggunakan obat, obat tradisional, atau cara tradisional, pengobatan medis yang dilakukan oleh oleh perawat, dokter, puskesmas, atau rumah sakit, serta pengobat tradisional. Dalam pemilihan sumber pengobatan di susunlah suatu criteria tentang sumber pengobatan tersebut. (Young, 1980), Kriteria yang digunakan untuk memilih sumber pengobatan adalah pengetahuan tentang sakit dan pengobatannya, keyakinan terhadap obat/ pengobatan, keparahan sakit, dan keterjangkauan biaya dan jarak. Dari empat kriteria tersebut, keparahan sakit menduduki tempat yang dominan. Sebagaimana diketahui bahwa pola penyakit di Indonesia (bahkan di dunia) telah mengalami pergeseran dari penyakit infeksi (yang terjadi sekitar tahun 1970 ke bawah) ke penyakit-penyakit metabolik degeneratif (sesudah tahun 1970 hingga sekarang).
Hal ini seiring dengan laju perkembangan tingkat ekonomi dan peradaban manusia yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi dengan berbagai penemuan baru yang bermanfaat dalam pengobatan dan peningkatan kesejahteraan umat manusia. Dalam data statistik tentang kematian akibat efek samping obat-obatan yang diperoleh, Isa (2009:1) mengatakan, Untuk mengatasi penyakit mereka mengutamakan cepat sembuh walaupun cuma sesaat. Pola hidup ini harus di bayar mahal. Di Amerika saja, efek samping obat – obatan bertanggung jawab atas kematian 100.000 pasien setiap hari.
Menurut WHO, negara negara di Afrika, Asia dan Amerika Latin menggunakan obat herbal sebagai pelengkap pengobatan primer yang mereka terima. Bahkan di Afrika, sebanyak 80% dari populasi menggunakan obat herbal untuk pengobatan primer (WHO, 2003). Faktor pendorong terjadinya peningkatan penggunaan obat herbal di negara maju adalah usia harapan hidup yang lebih panjang pada saat prevalensi penyakit kronik meningkat, adanya kegagalan penggunaan obat modern untuk penyakit tertentu di antaranya kanker serta semakin luas akses informasi mengenai obat herbal di seluruh dunia (Sukandar EY,2006).
WHO merekomendasi penggunaan obat tradisional termasuk herbal dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengobatan penyakit, terutama untuk penyakit kronis, penyakit degeneratif dan kanker. WHO juga mendukung upaya- upaya dalam peningkatan keamanan dan khasiat dari obat tradisional (WHO, 2003).
Penggunaan obat tradisional secara umum dinilai lebih aman dari pada penggunaan obat modern. Hal ini disebabkan karena obat tradisional memiliki efek samping yangrelatif lebih sedikit dari pada obat modern.
2.      Tanaman herbal bagi kesehatan
Ada masyarakat yang berpendapat kalau reaksi obat kimia lebih cepat dibanding obat dari tanaman herbal, padahal reaksi yang lama dalam pengobatan hal tersebut sangatlah wajar karena obat bukanlah cabai yang saat dimakan makan rasa pedasnya akan dirasakan saat itu juga sehingga ada beberapa orang yang bertanya adakah Pengaruh tanaman herbal bagi kesehatan.
Berikut ini adalah kasus yang terjadi sekitar tahun 1985, terdapat banyak pasien di salah satu rumah sakit di Jawa Tengah yang sebelumnya mengkonsumsi daun keji beling. Pada pemeriksaan laboratorium dalam urine-nya ditemukan adanya sel-sel darah merah (dalam jumlah) melebihi normal. Hal ini sangat dimungkinkan karena daun keji beling merupakan diuretik kuat sehingga dapat menimbulkan iritasi pada saluran kemih. Akan lebih tepat bagi mereka jika menggunakan daun kumis kucing (Ortosiphon stamineus) yang efek diuretiknya lebih ringan dan dikombinasi dengan daun tempuyung (Sonchus arvensis) yang tidak mempunyai efek diuretik kuat tetapi dapat melarutkan batu ginjal berkalsium.
Pada periode sebelum tahun 1970-an banyak terjangkit penyakit infeksi yang memerlukan penanggulangan secara cepat dengan mengunakan antibiotika (obat modern). Pada saat itu jika hanya mengunakan Obat herbal atau Jamu yang efeknya lambat, tentu kurang bermakna dan pengobatannya tidak efektif. Sebaliknya pada periode berikutnya hinga sekarang sudah cukup banyak ditemukan turunan antibiotika baru yang potensinnya lebih tinggi sehingga mampu membasmi berbagai penyebab penyakit infeksi.
Dari dua kasus yang terjadi diatas dapat disimpulkan bahwa tanaman herbal berpengaruh terhadap kesehatan manusia, meskipun telah ditemukan antibiotik terbaru yang efektif untuk meyembuhkan penyakit. Namun peran tanaman herbal yang sedikit memiliki efek samping bagi tubuh sulit digantikan.
3.      Kelebihan Obat Herbal dalam Penyembuhan Penyakit
a)      Tidak Menimbulkan Efek Samping
Obat herbal benar-benar merupakan produk alami yang telah tersedia di alam. Pengolahan obat ini pun dilakukan secara alami, bahkan tradisional, tanpa pencampuran bahan kimia atau sintetis. Oleh sebab itulah, dapat dipastikan bahwa obat-obatan herbal sama sekali tidak memiliki efek samping sehingga sangat aman digunakan.

b)      Bebas Racun
Obat-obatan kimia atau obat farmasi merupakan racun sehingga tidak boleh dikonsumsi secara sembarang. Namun, ada yang berbeda dari obat herbal. Yaitu, bebas racun. Dengan demikian, obat herbal sangat aman dikonsumsi oleh siapa pun. Bahkan, obat herbal dapat dijadikan sebagai peluruh racun di dalam tubuh atau detoksifikasi.
c)      Menghilangkan Akar Penyakit
Umumnya, obat-obatan kimia hanya bekerja untuk menyembuhkan gejala penyakit. Namun, tidak demikian dengan obat-obatan herbal. Selain menyembuhkan gejala penyakitnya, obat-obatan herbal bekerja hingga menghilangkan akar penyakitnya.
 Cara kerja yang berbeda ini disebabkan efek obat herbal yang bersifat menyeluruh (holistik). Akhirnya, pengobatan tidak hanya terfokus pada penghilangan penyakit, tetapi juga pada peningkatan sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk melawan penyakit.
d)     Mengandung Banyak Khasiat
Misalnya, jintan hitam atau yang lebih terkenal dengan sebutan habbatussauda yang dapat menyembuhkan asam urat, migren, diabetes, hepatitis, bahkan kanker. Contoh lain, bawang putih yang bersifat antivirus serta mampu menguatkan jantung dan menurunkan kolesterol.



BAB III
TANAMAN HERBAL DAN MANFAATNYA

Buah Terong adalah artikel yang akan kita bahas pada artikel Manfaat Buah Terong untuk kesepatan kali ini, Buah terong kadang di sebut juga dengan Buah Terung, dan dalam bahasa latin buah ini di sebut dengan Solanum melongena, buah ini merupakan buah yang di jadikan sayuran. dan buah terong di percaya berasal dari Sri Langka dan juga India. Banyak orang yang menyukai sayur terong ini, namun banyak pula orang yang tidak menyukai buah terong ini dengan alasan tertentu.
Buah Nangka Merupakan buah yang memiliki kandungan yang berguna untuk Kesehatan manusia oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai Manfaat Buah Nangka, Nah buah Nangka memiliki Nama Latin Artocarpus Heterophyllus yang mana nama buah dan Pohonya sama, Yakni Nangka. Kadang buah Nangka juga di sebut dengan Buah Gori, buah ini di percaya berasal dari Daerah tropis yang berasal dari India selatan dan pada perkembanganya buah ini menyebar Keseluruh dunia termasuk...
Daun salam merupakan daun jenis Rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk Masakan di Indonesia mau pun di Daerah lainnya terutama untuk masakan Kari biasanya selalu menggunakan Daun salam ini, Namun untuk kesempatan kali ini kita bukan membahas Manfaat Daun Salam dari segi masakan karena kita akan mencoba membahas Khasiat Daun salam dari segi kesehatan.Salam memiliki nama Latin Syzygium polyanthum pohonya berukuran sedang, sementara itu Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 Meter, Sementara itu Salam...
Buah Kurma yang Identik dengan Masyarakat Arab ini merupakan buah dari pohon jenis Palma, dalam bahasa arab di kenal dengan nama Tamr dan dalam bahasa Latin buah Kurma memilki nama Latin Phoenix dactylifera, Untuk asal Muasal dari pohon kurma tidak di ketahui secara pasti di mana pohon ini berasal namun banyak yang meyakini jika Pohon Kurma ini berasal dari Tanah sekitaran sungai Efert dan Juga Sungai Nil, Buah Kurma memiliki Kandungan Gula 80% selebihnya mengandung Protein, Lemak, Mineral dan Juga...
Buah Nanas atau Kadang di sebut juga dengan Buah Nenas atau Ananas mempunyai Nama Latin Ananas comosus, Buah ini di percaya berasal dari Negara tropis yakni Berasil, Bolivia dan juga Paraguay. Tumbuhan ini merupakan Tumbuhan dari Keluarga Nanas-nanasan, Tumbuhan ini bertumbuh rendah dan  Buahnya Memiliki Kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang memilki kandungan AntiOksidan yang tinggi yang bagus untuk Tubuh manusia, Nah maka dari itu kita akan mencoba untuk membahas secara Tuntas Mengenai Manfaat...

Siriih Memiliki Nama Latin Piper Betle Yang lazimnya di kenal sebagai Tumbuhan yang merambat dan biasanya bersandar pada pohon lain ini mempunyai ciri Tanaman yang mampu Tumbuh mencapai tinggi 15 Meter, Sementara itu untuk Batang dari tanaman sirih ini berbentuk Bulan dan berwaran Kecoklatan dengan corak Ruas-ruas di bagian batangnya seperti layaknya pohon Bambu, di sinilah tempat keluarnya akar dari Tumbuhan sirih ini, nah untuk Daunnya Yang akan kita bahas ini Khasiat Daun Siri atau Manfaat Daun
Sirih  mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman yang bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakandengkuran”, “Bahkan daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur candida albicans, dan bersifat analgesik atau meredakan rasa nyeri, juga mengandung tannin yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare,"
a.       Cara-cara mengkonsumsi Daun Sirih :   
1)      Batuk
Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.
2)      Bronkitis
Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.
3)      Menghilangkan bau badan.
Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari.
4)      Luka bakar.
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.
5)      Mimisan.
Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.
6)      Bisul
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.
7)      Mata Gatal dan Merah
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.
8)      Koreng dan Gatal-Gatal
Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.
9)      Menghentikan Gusi Berdarah
Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.
10)  Sariawan
Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.
11)  Menghilangkan Bau Mulut
Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.
12)  Jerawat
Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.
13)  Keputihan
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.
14)  Mengurangi ASI Berlebih.
Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.
b.      Efek Samping 
1)      Daun Sirih yang Diminum
Beberapa orang seringkali mengkonsumsi rebusan daun sirih setiap hari untuk pencegahan penyakit tertentu. Hal ini sebenarnya kurang baik karena salah satu manfaat daun sirih adalah antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat. Jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping yang kurang baik bagi pencernaan. Seperti yang kita ketahui, dalam organ pencernaan kita hidup bakteri jahat dan bakteri baik. Dengan konsumsi rebusan air daun sirih setiap hari akan mematikan tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik.
2)      Daun Sirih yang Digunakan sebagai Pembersih Daerah Kewanitaan
Para wanita memang diharuskan menjaga kesehatan daerah kewanitaannya. Jika daerah kewanitaan seseorang memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi biasanya akan timbul bau yang kurang sedap. Banyak orang membersihkan daerah kewanitaannya dengan rebusan air daun sirih sebagai unsur basa untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Jika dilakukan setiap hari bakteri baik yang ada di organ kewanitaan juga akan ikut mati. Selain itu biasanya akan timbul iritasi karena daerah kewanitaan tersebut menjadi kering.
 Sebenarnya daun sirih karena sifatnya yang alami tidak akan memiliki efek samping apabila kita menggunakannya dengan bijak dan sesuai dengan dosis yang ditentukan. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli agar tidak didapatkan efek samping daun sirih.
7.      Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di beberapa tempat di Indonesia, sirsak juga dikenal dengan sebutan manalika. Selain buahnya yang enak, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat daun sirsak? yuk kita lanjut baca!


Tahukah Anda?
Ternyata daun sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kehasiatnya dari kemoterapi dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker. Hal tersebut sudah dibuktikan berdasakan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan bahwa kandungan daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik daripada kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker.
National Cancer Institute telah melakukan suatu penelitian ilmiah yang hasilnya menyatakan bahwa batang dan daun sirsak efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena sangat tingginya senyawa proaktif dalam daun sirsak bagi tubuh kita. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang jarang / susah ditemukan pada tumbuhan lain.
Bahkan negara Korea juga telah melakukan penelitian terhadap daun sirsak dan mereka menemukan senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat. [http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak]
Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan tersebut diatas, akhirnya diketahui berbagai macam khasiat daun sirsak. Ingin tahu apa saja? silahkan simak berbagai macam manfaat daun sirsak bagi kesehatan berikut ini : 
Beberapa Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan :
a.       Mencegah dan Menyembuhkan Kanker
b.      Mencegah dan menyembuhkan kanker payudara, prostat, paru-paru, pankreas
c.       Mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat
d.      Membantu menghambat mutasi gen
e.       Membantu menghambat perkembangan virus
f.       Membantu menghambat perkembangan parasit
g.      Membantu menghambat pertumbuhan tumor
h.      Membantu merileksasi otot
i.        Sebagai obat anti kejang
j.        Membantu meredakan nyeri
k.      Mampu menekan peradangan
l.        Menurunkan kadar gula darah\Menurunkan demam
m.    Menurunkan tekanan darah tinggi
n.      Menguatkan saraf
o.      Membantu menyehatkan jantung
p.      Membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil
q.      Membantu melebarkan pembuluh darah
r.        Membunuh cacing parasait
s.       Mengurangi stres
t.        Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
v.      Mengobati Bisulan
Cara Mengobati Penyakit Kanker dengan Daun Sirsak (dll) : Sediakan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau tua), kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu minumlah 2 kali per hari selama 2 minggu/sampai penyakit anda benar-benar sembuh. Untuk mengetahui apakah ada perkembangan atau tidaknya, silahkan anda lakukan konsultasi dengan dokter.
Cara Mengobati Luka Luar dengan Daun Sirsak (bisulan, bekas jatuh dsb.) Sediakan daun pisang secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus, atau bisa juga diblender. Setelah itu tempelkan pada bagian tubuhh/kulit yang terlukan atau bisula
8.      Seledri (Apium Graviolens)
Mungkin tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ternyata seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll.
Contohnya seledri bisa dipakai sebagai
Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.
9.      Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu. Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci telebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.

10.  Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)
Tanaman ini di Indonesia tumbuh didaerah Kalimantan. Tongkat ali dapat membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dll.
11.  Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Mengkudu memiliki nama yang berbeda - beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa diseut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas aceh. Tapi taukah anda bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.


12.  Lidah Buaya (Aloe Vera)
Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak.
13.  Buah Makasar (Brucea Javanica)
Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesui dengan dosis yang rumbuhan ini mampu menjadi mengobati Penyakit Diabetes
Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir  dan minum 2 - 3 kali sehari (Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi anda tidak perlu susah susah menumbuk atau mengeringkannya sendiri).
14.  Belimbing (Averrhoa Carambola)
Belimbing manis banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dll. Belimbing.
Selain rasanya yang enak juga mampu mejadi
Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi. caranya cukup makan buah belimbing setiap hari sesudah makan.
15.  Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)
Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu. Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.
16.  Daun Dewa (Gynura Divaricata)
Dari namanya aja udah kerenkan, Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa mengandung minyak atsiri, saponin dll. Daun Dewa bida digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar dan Penurun Darah Tinggi.
17.  Jarak (Ricinus Communis)
Biasa disebut Kaliki di Jawa Barat Dulang di Sumatra dan Kalek Dimadura. Jarak memuliki manfaat pada karnya sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Bijinya Banyak digunakan untuk Obat Kangker Rahim, Hernia, Rematik, TBC dsb. Namun ketika anda mengolah biji jarak menjadi herbal anda harus berhati - hati karena jika meminum obatnya berlebihan akan menimbulkan keracunan dengan ciri - ciri Sakit kepala, muntah berak, panas dll. Sebenarnya tanaman obat sangat banyak sekali jenisnya.
Dari berbagai daerah penjuru negri memiliki resep masing - masing dalam mengolah tanaman herbal. Ketika kita kembali ke obat alami segala jenis penyakit dapat di cegah dan diobati karena resikonya sangat kecil. Untuk itu perbanyaklah meminum minuman herbal seperti jamu dll agar tubuh lebih sehat.
Dapatkan 1001 Manfaat Buah Tomat – Siapasih yg tak mengetahui bikin tomat, dimulai dari anak-anak hingga orant dewasa mengetahui buah yg satu ini. Walau demikian, taukah Anda bila bikin tomat ini mempunyai 1001 manfaat utk tubuh kita.
Sepintas Perihal Tomat.
Bikin tomat adalah tanaman dari keluarga Solanaceae, tanaman asli Amerika Sedang serta Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tomat adalah tumbuhan siklus hidup singkat, bisa tumbuh setinggi 1 hingga 3 mtr.. Tomat adalah keluarga dekat dari kentang.
Tanaman tomat datang dari Amerika tropis, ditanam di ladang sbg tanaman buah, selain itu juga di tanam di pekarangan, atau juga dapat ditemukan liar pd ketinggian 1–1600 m dpl. Tanaman tomat ini tak tahan hujan, cahaya matahari terik, dan menginginkan tanah yg gembur serta subur. Terna 1 tahun ini tumbuh tegak atau bertumpu pd tanaman lain, tinggi 0, 5–2, 5 m, bercabang banyak, memiliki rambut, serta berbau kuat. Batang bulat, menebal pd buku-bukunya, memiliki rambut kasar warnanya hijau keputihan.
Tanaman ini mempunyai wujud daun majemuk menyirip, letak berseling, memiliki bentuk bundartelursampai memanjang, ujung runcing, pangkal membulat, helaian daun yg besar pinggirnya berlekuk, helaian yg lebih kecil pinggirnya bergerigi, panjang 10–40 cm, warnanya hijau muda.
Namun ciri dari buahnya buah buni, berdaging, kulitnya tidak tebal licin mengilap, bermacam dlm wujud ataupun ukurannya, warnanya kuning atau merah. Bijinya banyak, pipih, warnanya kuning kecokelatan. Buah tomat dapat dimakan segera, di buat jus, saus tomat, dimasak, di buat sambal goreng, atau di buat acar tomat. Pucuk atau daun muda dapat disayur. Buah tomat yg umum ada di pasaran memiliki bentuk bulat. Yg memiliki ukuran besar, berdaging tidak tipis, berbiji sedikit, serta berwarna merah dikatakan sebagai tomat buah.
Tomat type ini biasa disantap fresh sbg buah. Yg memiliki ukuran lebih kecil dikenal sbg tomat sayur di karenakan dipakai didalam masakan. Yg kecil-kecil sebesar kelereng dimaksud tomat ceri serta dipakai utk campuran bikin sambal atau dlm hidangan selada.
Buah tomat memilik nama daerah atau nama lokal :
a.       NAMA DAERAH Sumatera : terong kaluwat, reteng, cung asam. Jawa : kemir, leunca komir ( Sunda ), ranti bali, r. gendel, r. kenong, rante, r. raja, terong sabrang, tomat ( Jawa ). Sulawesi : kamantes, samatet, samate, samante, komantes, temantes, antes, tamati, tamato, tomate.
b.      NAMA ASING xi hong shi ( C ), Fan gie, tomaat ( B ), pomme damour, tomate ( J ), tomate ( P ), tomato ( I ), love apple.
Serta inilah faedah serta khsiat buah tomat serta penyakit yang bisa diobati :
a.       BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Sisi tanaman yg dipakai sbg obat yaitu buahnya. Dipakai fresh, sesudah direbus, atau diolah sbg masakan. Daun dipakai utk obat luar.
1)      Buah dipakai utk menangani :
Ø  masalah pencernaan layaknya perut kembung,
Ø  tak nafsu makan,
Ø  sulit buang air besar ( sembelit ),
Ø  sakit kuning,
Ø  radang hati,
Ø  radang saluran napas ( bronkhitis ),
Ø  sesak napas ( asma bronkhial ),
Ø  radang usus buntu,
Ø  radang gusi,
Ø  gusi berdarah,
Ø  sariawan,
Ø  ulkus lambung,
Ø  wasir,
Ø  tekanan darah tinggi ( hipertensi ),
Ø  kandungan kolesterol darah tinggi ( hiperkolesterolemia ),
Ø  lemas disebabkan kandungan glukosa darah rendah,
Ø  demam,
Ø  rasa haus,
Ø  rematik,
Ø  gout,
Ø  serta memar disebabkan terbentur.
b.      CARA PEMAKAIAN
Buah masak dimakan fresh. Disamping itu, dapat juga direbus dng air secukupnya. Lumatkan hingga halus, lalu saring. Bila tak menderita kencing manis ( diabetes melitus ), bisa ditambahkan gula pasir secukupnya. Minum sesudah dingin.
Untuk, penggunaan luar, giling buah masak atau daun fresh hingga halus. Tambahkan ke area yg sakit, layaknya kulit terbakar cahaya matahari, jerawat,kurap, radang kulit, luka, serta borok kritis. Selain itu jus tomat juga dapat dipakai sbg masker utk melembutkan dan mengencangkan kulit muka.
c.       CONTOH PEMAKAIAN
Kulit terbakar cahaya matahari :Bersihkan daun muda yg tetap fresh, lalu giling hingga halus. Oleskan pd kulit yg terbakar. Wasir : Rebus sebagian buah tomat yg telah masak dlm minyak kelapa sepanjang kurang lebih sepuluh menit, lalu saring dng sepotong kain. Sesudah dingin, berikan pd wasirnya.
Tekanan darah tinggi, mata merah : Makan buah tomat fresh sejumlah 1–2 buah pada saat pagi hari, pada saat perut kosong. Memar disebabkan terbentur : Tim jus tomat yg ditambah dng air jahe, lalu minum sesudah dingin. Radang usus buntu, sakit kuning : Minum jus tomat, 1 hari tiga kali, tiap-tiap satu cangkir. Terus berkonsultasi dng dokter.
Jerawat : Imbuhkan 25 ml alkohol 70% pd jus tomat ( 100 ml ), lalu kocok rata. Pakai campuran utk menggosok muka yg berjerawat. Kerjakan 2–3 kali 1 hari.
Demam : Bersihkan tomat masak ( tiga buah ), lalu potong-potong sekedarnya. Lumatkan dlm 1/2 cangkir air masak serta satu sendok makan madu murni. Peras serta saring, lalu minum. Kerjakan tiga kali 1 hari. Pasien diabetes melitus dilarang memberikan madu murni supaya kandungan glukosa darah tak meningkat.
Radang gusi, gusi berdarah : Bersihkan buah tomat yg telah masak, lalu makan mentah. Kerjakan 1 hari 2 x, sepanjang lebih kurang 1bulan.
Sariawan, ulkus di rongga mulut :
Potong-potong buah tomat yg telah masak ( dua buah ), lalu masak dng ikan fresh. Sesudah dingin, makan. Kerjakan tiap-tiap hari sepanjang 1–2 minggu hingga terlihat perbaikan.
Ulkus lambung : Iris tomat masak serta jeruk yg diasamkan masingmasing satu buah. Imbuhkan satu sendok makan madu, lalu aduk rata. Makan sedikit-demi sedikit, 1 hari 3–4 kali, sepanjang tiga minggu.
Langkah bikin jeruk yg diasamkan : Imbuhkan 250 g garam meja pd 500 g jeruk lemon fresh. Masukkan ke dlm toples beling, lalu jemur tiap-tiap hari hingga buah jeruk mengisut serta kulitnya mengerut. Bahan ini siap dipakai.
Menambah nafsu makan : Minum jus tomat satu jam sebelum saat makan.
Lemas di karenakan kandungan glukosa darah rendah : Minum jus tomat fresh.
Gempur Kencing Manis Dengan Pare – Beberapa besar orang tak suka sayur pare ini di karenakan rasa pare yg pahit. Butuh kita kenali rasa pare yg pahit itu datang dari zat pahit pare saponin. Tetapi dibalik rasa buah pare yg pahit itu, ada faedah pada kesehatan tubuh kita.
Di antara faedah buah pare untuk kesehatan tubuh kita yaitu bisa jadi penangkal sel kanker. Faedah ini bisa didapat di karenakan pare memiliki kandungan zat lesichin yang bisa menambah kekebalan utk mencegah perubahan sel kanker. Bukan sekedar itu, buah pare juga mempunyai kandungan sebagian zat yang bisa menghindar sel kanker.
Pare atau dng nama latin ( Momordica charantia L. ) namun persamaan kata = M. balsamina, Blanco. = M. balsamina, Descourt. = M. cylindrica, Blanco. = M. jagorana C. Koch. = M. operculata, Vell. = Cucumis africanus, Lindl. Serta terhitung Familia : Cucurbitaceae
Uraian Pare :
Tumbuhan pare ini banyak ada di daerah beriklim tropika, tumbuh serta subur baik di dataran rendah ataupun bisa juga tumbuh pada alam liar di tanah terlantar, sawah tegalan, sengaja dibudidayakan atau ditanam di lingkungan pekarangan dng dirambatkan pada pagar, utk kemudian diambil buahnya.
Tumbuhan pare ini tak memerlukan banyak cahaya matahari, hingga bisa tumbuh subur di tempat-tempat yg agak terlindung tanpa cahaya matahari. Tanaman 1 tahun, merambat atau memanjat dng alat pembelit atau sulur berupa spiral, banyak bercabang, berbau tak enak.
Batang berusuk lima, panjang 2-5 m, yg muda memiliki rambut rapat. Daun tunggal, bertangkai yg panjangnya 1, 5-5, 3 cm, letak berseling, memiliki bentuk bulat panjang, dng panjang 3, 5-8, 5 cm, lebar 4 cm, sharing menjari 5-7, pangkal berupa jantung, warnanya hijau tua. Taju bergigi kasar hingga berlekuk menyirip.
Tumbuhan pare ini memiliki bunga tunggal, berkelamin dua dlm satu pohon, bertangkai panjang, berwarna kuning. Buah bulat memanjang, dng 8-10 rusuk memanjang, berbintil-bintil tak teratur, panjangnya 8-30 cm, serta pastinya memiliki rasa yg pahit. Warna buah hijau, apabila masak jadi oranye yg pecah dng 3 katup. Namun buah ini mempunyai biji banyak, coklat kekuningan, memiliki bentuk pipih memanjang, keras.
Dengan cara umum tanaman pare ini mempunyai 3 type tanaman, yakni pare gajih, pare kodok serta pare rimba. Pare gajih berdaging tidak tipis, warnanya hijau muda atau keputihan, memiliki bentuk besar serta panjang serta terasa tak demikian pahit. Pare kodok buahnya bulat pendek, terasa pahit. Pare rimba yaitu pare yg tumbuh liar, buahnya kecil-kecil serta terasa pahit. Untuk beroleh buah yg panjang serta lurus, umumnya pd ujung buah yg tetap kecil digantungkan batu.
Daun dari pare yg tumbuh liar, diberi nama daun tundung. Daun ini disebutkan lebih bermanfaat apabila dipakai utk penyembuhan. Daun serta buahnya yg tetap muda dimakan sbg lalab mentah atau sesudah dikukus terlebih dulu, dimasak sbg sayuran, tumis, sambal goreng, gado-gado, dsb. Tanaman ini juga bisa dipakai utk membunuh serangga. Perbanyakan dng biji.
a.       Penyakit Yang Bisa Diobati :
Tanaman pare ini mempunyai banyak manfaat serta mafaat untuk kesehatan tubuh kita, penyakit yg dapat diobati dng tanaman pare ini diantaranya yaitu :
1)      radang tenggorokan,
2)      Batuk,
3)      Sakit Mata merah,
4)      malaria. ;
5)      Demam,
6)      Menambah napsu makan,
7)      Rhematik,
8)      kencing manis,
9)      Sariawan ;
10)  Abses,
11)  Bisul,
12)  Demam,
13)  sakit lever,
14)  malaria,
15)  sembelit,
16)  obat kanker;
17)  cacingan
b.      BAGIAN YANG DIPAKAI :
1)       biji,
2)       buah,
3)       bunga,
4)       akar,
5)       serta daun
c.       Manfaat Pare :
1)      Sel Kanker
a)      Buah :
Ø  Batuk,
Ø  Haus di karenakan panas dlm.
Ø  radang tenggorok (pharyngitis).
Ø  Mata sakit serta merah.
Ø  malaria.
Ø  Demam,
Ø  Pingsan di karenakan hawa
Ø  Menambah napsu makan.
Ø  panas ( heatstroke ).
Ø  kencing manis.
Ø  Rheumatism, rematik gout.
Ø  Disentri.
Ø  Memperbanyak air susu ( ASI ).
Ø  Sariawan.
Ø  Datang haid sakit ( dismenorrhoea ).
Ø  lnfeksi cacing gelang.
b)      Bunga :
Ø  Mengatasi pencernaa
c)      Daun :
Ø  Luka, abses, bisul.
Ø  Cacingan.
Ø  Erysipelas.
Ø  Sembelit, menambah napsu makan.
Ø  Terlambat haid.
Ø  Sakit lever.
Ø  Menyuburkan rambut pd anak balita.
Ø  Melancarkan pengeluaran ASI.
Ø  Demam.
Ø  Sifilis, kencing nanah ( Gonorrhea )
d)     Akar :
Ø  Untuk mengobati penyakit wasir dan Disentri amuba
e)      Biji :
Ø   Impotensi,
Ø  Cacingan.
Ø  Kanker.
d.      PEMAKAIAN :
Untuk diminum : 15-30 g di juice atau di rebus. Penggunaan luar. Ambil daun atau buah secukupnya digiling hingga halus, utk penggunaan setempat pd luka bakar, abses, bisul, eksim, biang keringat ( miliaria ), digigit serangga, melancarkan pengeluaran ASI, dan lain sebagainya.
e.       CARA PEMAKAIAN :
1)      Jika terserang haus di karenakan panas dalam, demam, heat stroke :Ambil 1 buah sayur pare mentah yg masih fresh kemudian dicuci hingga bersih, kemudian dibelah.
Buang berisi, kemudian potong-potong secukupnya,kemudian direbus dng tiga
gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah airnya dingin kemudian disaring, dan siap untuk diminum
2)       Diabetes :
a)      Untuk bikin obat diabetes 200 g buah pare fresh dicuci bersih lalu diblender. Tambahkan air minum secukupnya, lalu diperas dng sepotong kain sampai
terkumpul sejumlah 50 ml ( seperempat gelas ). Perasandihangatkan dng api kecil sepanjang 15-30 menit.Sesudah dingin
diminum, kerjakan tiap-tiap hari.
b)      200 g buah pare dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis.Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.Sesudah dingin disaring, minum, Kerjakan tiap-tiap hari.
3)      Disentri.
Buah pare fresh dicuci lalu dibelah, berisi dibuang.Parut atau dijuice, airnya diminum. Lekas minum air masak.Satu kali minum
200 cc.
4)      Disentri amuba, diare :Ambillah akar pare yg tetap fresh sejumlah 30 g.Dicuci bersih lalu
dipotong-potong sekedarnya.
5)      Rebus dng 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sesudah dingin disaring,imbuhkan gula pasir
secukupnya lalu diminum.
6)      Cacingan pd anak :Daun fresh sejumlah 7 g, diseduh dng 1/2 cangkir air panas.Sesudah dingin disaring, imbuhkan 1 sendokteh madu.Aduk hingga rata, minum sekalian sebelum saat makan pagi. Ambillah dua hingga tiga biji

Manfaat buah manggis – Manggis mempunya nama latin Garcinia mangostana L. serta dia masuk dlm famili Clusiaceae ( Guttiferae ).
Uraian pohon manggis
Tumbuhan ini mempunyai pohon yg senantiasa hijau, mempunya ketinggian pada 6-20 mtr.. Dengan batang tegak, serta batang pokok yang jelas, sedangkan pada kulit batang berwarna coklat. Tumbuhan ini mempunyai getah berwarnakuning. Daun tunggal, dengan bentuk duduk daun berhadapan atau bersilang berhadapan, sedangkan pada helaian ; mengkilat pada permukaannya, permukaan yg ada diatas memiliki warna hijau gelap sedangkan permukaan bawah hijau terang, wujud daun memiliki bentuk elips dan memanjang, 12-23 cm kali 4, 5-10 cm, dan tangkai 1, 5-2 cm.
Namun ciri yang lain yaitu pd bunga jenis betina 1 s/d 3 di ujung batang, susunan menggarpu, garis sedang 5-6 cm. Kelopak daun kelopak, dua daun kelopak yg terluar hijau kuning, 2 yg terdalam lebih kecil, bertepi merah, melengkung kuat, tumpul. Mempunyai mahkota terdiri dari 4 daun mahkota, wujud telur terbalik, berdaging tidak tipis, hijau kuning, pinggir merah atau hampir seluruh merah.
Benang sari mandul ( staminodia ) umumnya dlm tukal ( grup ). Akan buah beruang 4-8, kepala putik berjari-jari 4-6. Buah berupa bola tertekan, garis sedang 3, 5-7 cm, ungu tua, dng kepala putik duduk ( terus ), kelopak terus, dinding buah tidak tipis, berdaging, ungu, dng getah kuning. Biji 1-3, diselimuti oleh selaput biji yg tidak tipis berair, putih, bisa dimakan ( terhitung biji yg gagal tumbuh prima ). Tumbuhan ini tak di ketahui asal usulnya.
Saat berbunga Mei – Januari. Tumbuhan ini bisa tumbuh di Jawa pd ketinggian 1-1000 m dpl pd beragam jenis tanah ( pd tanah liat serta lempung yg kaya bahan organik ), kerap sbg tanaman buah. lklim yg dibutuhkan yaitu ada kelembapan serta panas dng curah hujan yg rata. Perbanyakan tanaman bisa dikerjakan dng biji yg sudah dikecambahkan terlebih dulu dlm kantong plastik ( lekas sesudah dikeluarkan dari buah ). Kecambah bisa ditanam di lapangan sesudah berusia 2 – 3 th., dng jarak tanarn 10 mtr..
1)      Khasiat buah manggis
Tanaman manggis yang masih muda mesti dilindungi/dinaungi, sedangkan tanaman manggis dapat berbuah ketika mencapai usai 8-15 th.. Pohon yg dipupuk dpt lebih cpt berbuah. Sedangkan untuk memperbanyak bisa menggunakan metode kultur jaringan turus kuncup ketiak daun memakai Indole Butyric Acid ( IBA ) amat kecil. 
2)      Buah manggis ini mempunya banyak faedah, serta dapat mengobati sebagian type penyakit.
a)      EFEK BIOLOGI DAN FARMAKOLOGI
pada Rebusan kulit buah manggis mempunyai dampak antidiare. Buah manggis yang masih muda mempunyai efek speriniostatik dan juga memmiliki efek spermisida. Ekstrak ( n-heksana serta etanol ) manggis mempunyai ketoksikan spesifik pd pemakaian metode uji Brine Schrimp Test ( BST ).
Mangostin adalah jenis baru dari histamin. Toksisitas pada pemberian ekstrak daun yg masih muda pada mencit bunting dng dosis 500, 1000, 1500 mg/kg BB, tunjukkan dampak pd fetus yang berbentuk penurunan pada berat badan, berlangsungnya pada perdarahan pd fetus, dan juga adanya pergantian jaringan di hati fetus layaknya nekrosis pd sel hepar, namun tak berlangsung kelainan pada perubahan juga aborsi. Ekstrak daun manggis dng beragam dosis mampu mengurangi jumlah sel spermatid, berlangsung dengan menambahkan jumlah spermatozoa abnormal, dan juta lambatnya gerakan maju pada spermatozoa mencit.
3)      Faedah serta manfaat Manggis
Buang manggis mempunyai seabrek manfaat serta faedah, di bawah ini beberapa dari khaisat manggis. Buah dipakai utk menyembuhkan :
a)       radang amandel,
b)       diare,
c)       keputihan,
d)       wasir,
e)       disentri,
f)        borok ;
g)       di samping itu dipakai sebagai
h)       peluruh dahak,
i)         serta juga utk sakit gigi.
Namun sisi kulit buah ini dapat dipakai utk menyembuhkan :
a)       sariawan,
b)       obat asam urat
c)       disentri,
d)       sembelit.
e)       nyeri urat,
Tak hanya Kulit batang dipakai utk menangani nyeri perut. Akar utk menangani haid yg tak teratur. Dari sisi flavor, buah manggis cukup mungkin utk di buat sari buah.
1)      CARA PEMAKAIAN DI MASYARAKAT
Untuk mengobati disentri dipakai kulit dari 2 buah manggis, dicuci serta dipotong potong, direbus dng 4 gelas air sampal volume tinggal 1/2 nya, sesudah dingin disaring Ialu diminum dng madu apabila butuh ( 2 kali 1 hari 3/4gelas ).
Untukmengobati mencret dipakai kulit dari 2 buah manggis yg masak, dicuci serta dipotong potong, direbus dng 3 gelas air hingga volume tinggal 1/2nya, sesudah dingin disaring lantas diminum dng madu sekedarnya ( 2 kali 1 hari 3/4gelas
Untukmengobati sariawan dipakai kulit dari 2 buah manggis, dicuci serta dipotong potong, direbus dng 3 gelas air hingga volume tinggal 1/2 nya, sesudah dingin disaring utk berkumur serta terus diminum ( 3 – 6 kali 1 hari 2 sendok makan ).
Adas adalah satu dari sembilan tanaman atau tumbuhan obat yg diyakini mempunyai khasiat yg banyak. Di Indonesia sudah dibudidayakan serta terkadang sbg tanaman bumbu atau tanaman obat. Turnbuhan ini bisa hidup dari dataran rendah hingga ketinggian 1. 800 m diatas permukaan laut, tetapi dapat tumbuh tambah baik pd dataran tinggi.
Aslinya dari Eropa Selatan serta Asia, serta di karenakan faedahnya lantas banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, serta Jepang. Terna berusia panjang, tinggi 50 cm – 2 m, tumbuh merumpun. Satu rumpun umumnya terdiri dari 3 – 5 batang. Batang hijau kebiru- biruan, beralur, beruas, berlubang, apabila memar baunya wangi. Letak daun berseling, majemuk menyirip ganda dua dng sirip-sirip yg sempit, wujud jarum, ujung serta pangkal runcing, pinggir rata, seludang berselaput dng sisi atasnya berupa topi. Memiliki perbungaan tersusun sbg bunga payung majemuk dng 6 s/d 40 gagang bunga, sedangkan panjang ibu gagang bunga sekitar 5 s/d 1 0 mm, kemudian untu panjang gagang bunga 2 s/d 5 mm, sedangkan pada mahkota memiliki warna kuning, keluar dari ujung batang.
Buah lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, tetap muda hijau sesudah tua cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning hingga seutuhnya cokelat. Tetapi, warna buahnya ini berlainan bergantung negara aslinya. Buah masak memiliki bau khas aromatik, apabila dicicipi terasa relatif layaknya kamfer. Adas membuahkan minyak adas, yang disebut basil sulingan serbuk buah adas yg masak serta kering. Ada dua jenis minyak adas, manis serta pahit. Keduanya, dipakai dlm industri obat-obatan. Adas juga digunakan utk bumbu, atau dipakai sbg bahan yg melakukan perbaikan rasa ( corrigentia saporis ) serta mengharumkan ramuan obat.
Umumnya adas dipakai berbarengan dng kulit batang pulosari. Daunnya dapat dimakan sbg sayuran. Perbanyakan dng biji atau memisahkan anak tanaman.
1)      Penyakit Yang Bisa Diobati :
a)       perut kembung,
b)       Sakit perut ( mulas ),
c)       mual,
d)       ASI sedikit,
e)       muntah,
f)        Diare, sakit kuning ( jaundice ),
g)       batuk,
h)       kurang nafsu makan,
i)         Sesak napas ( Asma ),
j)        haid tak tertur,
k)       nyeri haid,
l)         rematik goat,
m)     buah pelir turun ( orchidoptosis ),
n)       Sulit tidur ( insomnia ),
o)       kolik,
p)       batu empedu,
q)       Usus turun ke lipat paha
r)        Pembengkakan saluran sperma ( epididimis ),
s)        Keracunan tumbuhan obat atau jamur,
t)        Penimbunan cairan dlm kantung buah zakar ( hiodrokel testis ),
u)       menambah penglihatan ;
2)      Pemakaian :
a)      BAGIAN YANG DIGUNAKAN :
Buah yg sudah masak ( Xiaohuixiang, hui-hsiang ). Buah yg sudah masak dihimpun, lalu dijemur hingga kering.
b)      KEGUNAAN :
Buah berguna utk menangani :
Ø  sakit kuning ( jaundice ),
Ø  sakit perut ( mulas ), rasa penuh di lambung, perut kembung, mual, diare, muntah,
Ø  kurang nafsu makan,
Ø  sesak napas ( asma ),
Ø  batuk berdahak,
Ø  haid : nyeri haid, haid tak teratur,
Ø  putih telur dlm kencing ( proteinuria ),
Ø  air susu ibu ( ASI ) sedikit,
Ø  sulit tidur ( insomnia ),
Ø  usus turun ke lipat paha,
Ø  buah pelir turun ( orchidoptosis ),
Ø  pembengkakan saluran sperma ( epididimis ),
Ø  kurangi rasa sakit disebabkan batu serta menolong menghancurkannya,
Ø  penimbunan cairan didalam kantung buah zakar ( hidrokel testis ),
Ø  keracunan tumbuhan obat atau jamur.
Ø  rematik gout, dan
3)      Daun bermanfaat menangani :
a)       perut kembung,
b)       batuk,
c)       koilk,
d)       menambah penglihatan dan
e)       rasa haus
4)      CARA PEMAKAIAN :
Ambil buah adas sejumlah 3 s/d 9 g direbus sampai mendidih, atau buah adas digiling sampai halus, kemudian diseduh dng air mendidih utk diminum pada saat hangat. Daun dimakan sbg sayuran atau direbus, lalu diminum.
Penggunaan luar, buah kering digiling halus lalu dipakai utk penggunaan lokal pd sariawan, sakit gigi, sakit telinga serta luka.
Minyak adas juga bisa dipakai utk menggosok tubuh anak yg masuk angin.
5)      CONTOH PEMAKAIAN :
a)      Batuk
Ø  Siapkan serbuk buah adas sejumlah 5 g disedub dng ½ cangkir air mendidih. Sesudah dingin disaring, imbuhkan 1 sendok teh madu. Aduk hingga rata, minum sekalian. Kerjakan 2 kali
1 hari, hingga pulih.
Ø  Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang
jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Rebus dng 3 gelas air bersih hingga tersisa
setengahnya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum. Kerjakan 3 kali 1 hari, tiap-tiap 1/2 gelas.
Ø  Sesak napas
Ambillah minyak adas sejumlah 10 tetes diseduh dng 1 sendok
makan air panas. Minum pada saat hangat. Kerjakan 3 kali 1 hari,
hingga pulih.
 Siapkan adas 1/2 sendok teh, pulosari ¼ jari, rirnpang kencur 2
jari, rirnpang temulawak 1 jari, jintan hitam 114 sendok teh, daun
poncosudo ( Jasminum pubescens ) ¼ genggam, gula merah3 jari, dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Baban bahan tadi lalu direbus dng 4 1/2 gelas air bersih hingga tersisa kira-kira
separonya. Sesudah dingin disaring, serta siap utk diminum. 1 hari 3 kali, tiap-tiap 3/4 gelas.
b)      Sariawan
Siapkan buah adas sebanyak 3/4 sendok teh, daun iler, 1/5 genggam ketumbar 3/4 sendok teh, sisik naga 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, daun sembung 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pegagan 1/4 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari,
rimpang kunyit ½ jari, kayu manis ¾ jari, gula merah 3 jari, dicuci serta dipotong-potong sekedarnya. Beberapa bahan tadi lalu direbus dng 4 1/2 gelas air bersih hingga tersisa sampai setengahnya. Dan  jika sudah dingin kemudian disaring, siap utk diminum. 1 hari 3 kali, setiap saat cukup
3/4 gelas.
c)      Haid tak teratur
Siapkan daun serta bunga srigading tiap-tiap. 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari,
bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong sekedarnya.
Beberapa bahan tadi lalu direbus dng 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Sesudah dingin disaring, minurn 3 kali 1 hari,
tiap-tiap 3/4 gelas. Keracunan tumbuhan obat atau jamur
Siapkan serbuk buah adas sejumlah 5 g,lalu seduh dengan 1/2 cangkir arak. Minum pada saat hangat.
d)     Batu empedu Serbuk buah adas sejumlah 5 gdiseduh dng 1 cangkir air panas.
Ø  Komposisi
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS Buah : buah masak memiliki kandungan bau aromatik, pedas, rasa sedikit manis, hangat, ginjal, masuk meridian hati, limpa, serta lambung. Daun : berbau aromatik Minyak dari buah : minyak adas ( fennel oil ).
KANDUNGAN KIMIA : Adas memiliki kandungan minyak asiri ( Oleum Foeniculi ) 1 – 6%, memiliki kandungan 50 – 60% anetol, pinen, kurang lebih 20% fenkon, limonen, felandren, dipenten, metilchavikol, asam anisat, anisaldehid, serta 12% minyak lemak.
Kandungan anetol yg mengakibatkan adas mengeluarkan aroma yg khas serta bermanfaat karminatif. Akar serta biji memiliki kandungan stigmasterin ( serposterin ). Akar memiliki kandungan bergapten.
6)      Dampak Farmakologis serta Hasil Penelitian :
a)      Komponen aktifnya, anisaldehida, menambah manfaat streptomycin utk penyembuhan TBC pd tikus percobaan.
b)      Menambah peristaltik saluran cerna serta merangsang pengeluaran kentut ( flatus ).
Menyingkirkan dingin serta dahak.
c)      Minyak adas yang memiliki kandungan anetol, fenkon, chavicol, serta anisaldehid bermanfaat menyejukkan saluran cerna serta bekerja mirip perangsang napsu makan.
d)     Dari satu penelitian pd manusia dewasa, diternukan bahwasanya adas memiliki dampak menghancurkan batu ginjal.
e)      Pada percobaan binatang, ekstrak dari rebusan daun adas bisa turunkan tekanan darah. Tetapi, pengolahan langkah lain tak tunjukkan manfaat ini.












BAB IV
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah saya lakukan dapat saya tarik kesimpulan :
a)      anaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit.
b)      Bagian dari tumbuh tumbuhan yang paling sering dijadikan obat adalah daun. Namun akar juga terkadang digunakan dalam pembuatan obat tradisional.
c)      Cara pengolahan obat tradisional masih sederhana, yaitu sengan cara ditumbuk dan direbus
d)     Dalam penggunaan tanaman obat tradisional tetap membutuhkan dosis yang tepat.
e)      Penggunaan tanaman obat tradisional harus mempunyai ketepatan waktu penggunaan. Artinya ketepatan waktu penggunaan obat tradisional menentukan tercapai atau tidaknya efek yang diharapkan.
f)       Dalam segi penyembuhan meskipun tanaman herbal umumnya lebih lambat dalam pengobatan penyakit dibanding penyembuhan menggunakan Obat – obatan kimia, namun pengobatan secara tradisional menggunakan tanaman herbal jauh lebih aman bagi tubuh dengan sangat sedikit efek samping yang ditimbulkannya, bebas racun, mudah di produksi, menghilangkan akar penyakit, mudah diperoleh, murah dan mempunyai banyak khasiat.
2.      Saran
saran saya adalah:
a)      Seharusnya kita dapat lebih bijak untuk memanfaatkan tanaman herbal yang ada di sekitar kita dengan sebaik mungkin. Serta tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup disekitar kita agar tercipta lingkungan hidup yang sehat.
b)      Saran yang terbaik untuk kesehatan, yaitu mengikuti anjuran dari pepatah yang berbunyi “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, dari pada kita berjuang mati – matian untuk mengobati penyakit kita, lebih baik kita berjuang mati – matian untuk menjaga kesehatan kita sebelum terserang penyakit.
c)      Bagi pemerintah diharapkan memberi bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk lebih mengetahui tentang manfaat tanaman obat tradisional.
d)     Bagi pemerintah juga diharapkan mampu mengembangkan usaha pembuatan obat obatan tradisional agar menjadi komoditi unggulan











DAFTAR PUSTAKA

Kompas, BPOM Pekanbaru Tarik 9.708 Kotak Obat Tradisional dari Peredaran,
http://kompas.co.id/kompas- cetak/0305/11/Fokus/ 306422.htm - 42k , edisi 31 Mei 2003, diakses 29Februari 2012.
 Isa. 2009. Gaya Hidup Sehat Alami. Jakarta: Tiens
Agoes, Azwar. 1992. Antropologi Kesehatan Indonesia, Pengobatan Tradisional. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Waluyo Srikandi. 2009. 100 Questions & Answer Diabetes. Jakarta: Elex Media Komputindo
Hariana, H. Arief. (2006). Tumbuhan Obat & Khasiatnya 3. Jakarta:Swadaya.
Badan Pusat Statistik. 2001. Statistik Kesejahteraan Rakyat (Welfare Statistics) 2000.Jakarta: 46-73
http://www.anneahira.com

 ( Roby Telenggen )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar